Format:
Satuan Layanan BK
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik
Permasalahan : Mengenal Dunia
Pendidikan Tinggi
B. Bidang
Bimbingan : Bimbingan Karir
C. Jenis
Layanan : Layanan Orientasi
D. Fungsi
Layanan : Pencegahan dan
Pemahaman
E. Tujuan
Layanan :
·
Agar siswa mengetahui seperti apakah sekolah
yang akan mereka masuki Setelah tamat dari SLTA
·
Agar siswa bisa dengan
mudah memilih perguruan tinggi yang akan mereka masuki
·
Agar tidak adanya
penyesalan siswa di kemudian hari ketika Telah memasuki perguruan tinggi yang
dipilih
·
Agar siswa mengenal
perbedaan jenis-jenis perguruan tinggi
·
Serta siswa mengetahui
dan memahami program pengajaran yang ada dari kelima jenis sekolah menengah
G.
Uraian Kegiatan :
1.Guru pembimbing mengucapkan salam pembuka
2. Guru pembimbing memberikan Apersepsi
kepada siswa
3.Guru pembimbing memberikan penjelasan
terlebih dahulu kepada siswa sebelum
siswa di perkenalkan langsung, dengan membawa siswa ke perguruan tinggi yang
akan di kunjungi.
4.
Guru pembimbing mengadakan Tanya jawab
5.
Penutup
H.
Materi Layanan :
MENGENAL DUNIA PENDIDIKAN TINGGI
Bentuk Perguruan Tinggi
Menurut undang-undang RI No. 20 tahun
2003tentang Sistem Pendidikan Nasiona,
bentukpendidikan tinggi adalah sebagai berikut:
bentukpendidikan tinggi adalah sebagai berikut:
a) Akademi
merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam satu
cabang atau sebagai ilmu pengetahuan atau kesenian tertentu.
Contoh:
Akademi Karawitan, Akademi ilmu kemasyarakatan, akademi kebidanan, dan
sebagainya.
b) Politeknik
adalah pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah
pengetahuan khusus.
Contoh:
Politeknik Negeri Semarang
c) Sekolah
tinggi merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik
dan/ profesionaldalam bidang di siplin ilmu tertentu
Contoh:
Sekolah Tinggi Komunikasi, Sekolah Tinggi Pariwisata, Sekolah Tinggi Akutansi
dan Perbankan.
d) Institud
adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang
menyelenggarakan pendidikan akademik dan/ professional dalam sejumlah ilmu
tertentu.
Contoh:
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidika (IKIP), Institit Teknologi Bandung
(ITB),dan Institut Pertanian Bogor (IPB)
e) Universitas
adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas dari
bermacam-macam disiplin ilmu.
Contoh:
Universitas Erlangga, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri, dan
sebagainya.
K. Metode :
ceramah, Tanya jawab, dan diskusi.
L. .
Tempat Penyelenggaraan :
Ruang Kelas X dan beberapa perguruan tinggai
Yang akan di kunjungi.
M.
waktu: tanggal, catur
wulan : pukul 08.59
Tanggal 12 juni 2012,
Semester II
N.
Penyelenggara layanan : Agustiansyah
O.
Pihak-pihak yang
disertaka dalam
penyelenggaraan
layanan dan
perannya masing-masing :
Pihak
yang di sertakan yakni beberapa orang guru pembimbing dan gurru mata pelajaran
dan beberapa orang pihak dari perguruan tinngi yang akan di kunjungi yang akan
membantu menuntun siswa untuk bisa melihat-lihat lokasi perguruan tinggi secara langsung.
L. Alat dan Perlengkapan : Spidol dan
Papan tulis serta kendaraan transportasi
Mengetahui Pekanbaru, 12 Juni 2012
Guru Pembimbing
Calon Guru pembimbing
Amrah Diniaty, M.Pd. Kons Agustiansyah
NIM. 10913005009
LAPORAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI
(PENILAIAN) SATUAN LAYANAN/ PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik
permasalahan/bahasan: Mengenal Jenis Sekolah Menengah
B. Spesifikasi
kegiatan :
1. Bidang
bimbingan : Bimbingan Karir
2. Jenis
layanan/pendukung : Layanan Orientasi
3. Fungsi
Layanan : Pencegahan dan
Pemahaman
4. Sasaran
Layanan : Kelas X
C.
Pelaksanaan layanan : Agustiansyah
1.
Waktu : Tgl 12 Juni 2012
Pukul 08.59
2.
Tempat : Ruang Kelas X
dan sekolah yang akan di kunjungi
3.
Deskripsi dan komentar
tentang
pelaksanaan
layanan/pendukung :
Dalam
proses pelaksanaan di dalam kelas siswa sangat hantusias yang di lihat dari
semangatnya siswa ketika ingin secara langsung melihat beberapa perguruan
tinggi yang akan di kunjungi dan pada pelaksanaan layanan dengan langsung
menuju sekolah yang telah di rencanakan sesuai dengan observasi yang di lihat
di lapangan siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang cukup besar dengan aktif
bertanya kepada petugas yang membimbing dari perguruan tinggi yang di kunjugi.
D.
Evaluasi
(penilain):
1. Cara-cara
penilain:
Cara
penilaian yakni dengan observasi di lapangan, wawancara, serta Tanya jawab di
dalam kelas dengan memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa yang di
laksanakan seminggu setelah kunjungan kesekola-sekolah sesuai dengan materi
yang telah di sampaikan dan ilmu yang di dapat ketika melihat langsung ke
beberapa perguruan tinggi.
· Pengetahuan
apa yang kamu dapatkan ketika pergi ssmelihat secara langsung sekolah-sekolah
yang bisa kamu masuki setelah tamat SLTA ?
· Setelah
mengetahui sekolah yang bisa kamu masuki, apa rencana kedepan yang akan kamu
lakukan?
· Bagaimanakah
cara kamu untuk bisa memasuki perguruan tinggi yang kamu inginkan?
2.
Deskripsi dan komentar
tentang hasil penilaian:
Dari
pertanyaan yang diberikan siswa dan hasil observasi serta Tanya jawab di dalam
kelas, siswa menunjukkan kepuasannya ketika ditanyakan kembali apa yang mereka
rasakan dan pengetahuan apa yang mereka dapatkan setelah melihat langsung
kesekolah, serta ada ungkapan usaha yang akan di lakukan siswa ketika ia ingin
memasuki perguruan tinggi tersebut.
E.
Analisis hasil penilain
1.
Cara-cara analisis :
2.
Deskripsi dan komentar
tentang hasil analisis:
F.
Tindak Lanjut
1. Cara-
cara tindak lanjut: Pemberian penguatan
2.
Deskripsi dan komentar
tentang hasil tindak lanjut:
Meninjak lanjuti dari kegiatan tersebut
dengan menanyakan kepada siswa setelah mereka tamat dari sekolah mereka kan
menyambung kemana, dan menanyakan alas an mereka memilih sekolah tersebut atau
jurusan yang akan mereka pilih serta memberikan penguatan apa yang mereka
pilih.bagi siswa yang tidak hadir diberikan layanan bimbingan teman sebaya
sehingga mereka bisa mengetahui ilmu yang tidak di dapatkan sebelumnya.
G.
Keterkaitan layanan ini
dengan layanan/kegiatan pendukung lain:
H.
Catatan Khusus :
Ada
siswa yang demam ketika pelaksanaan layanan dengan langsung melihat perguruan.
Yakni ketika berada di Sekolah Menengah Kejuruan
Mengetahui Pekanbaru, 12 Juni 2012
Guru Pembimbing
Calon Guru pembimbing
Amirah Diniaty, M.Pd. Kons Agustiansyah
NIM.
10913005009