Contoh Satlan dan Laprog Bimbingan dan Konseling

Tuesday 22 May 2012
          Format: Satuan Layanan BK
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik Permasalahan    : Mengenal Dunia Pendidikan Tinggi
B.     Bidang Bimbingan      : Bimbingan Karir
C.     Jenis Layanan              : Layanan Orientasi
D.    Fungsi Layanan           : Pencegahan dan Pemahaman
E.     Tujuan Layanan          :
·          Agar siswa mengetahui seperti apakah sekolah yang akan mereka masuki                  Setelah tamat dari SLTA
·         Agar siswa bisa dengan mudah memilih perguruan tinggi yang akan mereka masuki
·         Agar tidak adanya penyesalan siswa di kemudian hari ketika Telah memasuki perguruan  tinggi yang dipilih
·         Agar siswa mengenal perbedaan jenis-jenis perguruan tinggi
·         Serta siswa mengetahui dan memahami program pengajaran yang ada dari kelima jenis sekolah menengah

F. Sasaran Layanan           : Kelas X
G. Uraian Kegiatan           :
  1.Guru pembimbing mengucapkan salam pembuka
                                            2. Guru pembimbing memberikan Apersepsi kepada siswa
 3.Guru pembimbing memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa sebelum  siswa di perkenalkan langsung, dengan membawa siswa ke perguruan tinggi yang akan di kunjungi.
4. Guru pembimbing mengadakan Tanya jawab
5. Penutup


  
H. Materi Layanan            :
MENGENAL DUNIA PENDIDIKAN TINGGI
Bentuk Perguruan Tinggi
Menurut undang-undang RI No. 20 tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasiona,   
bentukpendidikan tinggi adalah sebagai berikut:
a)      Akademi merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam satu cabang atau sebagai ilmu pengetahuan atau kesenian tertentu.
Contoh: Akademi Karawitan, Akademi ilmu kemasyarakatan, akademi kebidanan, dan sebagainya.
b)      Politeknik adalah pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah pengetahuan khusus.
Contoh: Politeknik Negeri Semarang
c)      Sekolah tinggi merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/ profesionaldalam bidang di siplin ilmu tertentu
Contoh: Sekolah Tinggi Komunikasi, Sekolah Tinggi Pariwisata, Sekolah Tinggi Akutansi dan Perbankan.
d)     Institud adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/ professional dalam sejumlah ilmu tertentu.
Contoh: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidika (IKIP), Institit Teknologi Bandung (ITB),dan Institut Pertanian Bogor (IPB)
e)      Universitas adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas dari bermacam-macam disiplin ilmu.
Contoh: Universitas Erlangga, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri, dan sebagainya.
          
K.   Metode                                                            : ceramah, Tanya jawab, dan diskusi.
L.   . Tempat Penyelenggaraan                    : Ruang Kelas X dan beberapa perguruan tinggai
                                                                Yang akan di kunjungi.
M. waktu: tanggal, catur wulan                 : pukul 08.59
                                                               Tanggal 12 juni 2012,
                                                               Semester II
N.  Penyelenggara layanan                         :  Agustiansyah
O.  Pihak-pihak yang disertaka dalam
penyelenggaraan layanan dan
 perannya masing-masing                     :
Pihak yang di sertakan yakni beberapa orang guru pembimbing dan gurru mata pelajaran dan beberapa orang pihak dari perguruan tinngi yang akan di kunjungi yang akan membantu menuntun siswa untuk bisa melihat-lihat lokasi perguruan tinggi  secara langsung.
L.  Alat dan Perlengkapan                 : Spidol dan Papan tulis serta kendaraan transportasi


       Mengetahui                                                                 Pekanbaru, 12 Juni 2012
    Guru Pembimbing                                                            Calon Guru pembimbing

 Amrah Diniaty, M.Pd. Kons                                            Agustiansyah
                                                                               NIM. 10913005009     


LAPORAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI
(PENILAIAN) SATUAN LAYANAN/ PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.  Topik permasalahan/bahasan: Mengenal Jenis Sekolah Menengah
B.  Spesifikasi kegiatan                   :
1.      Bidang bimbingan              : Bimbingan Karir
2.      Jenis layanan/pendukung    : Layanan Orientasi
3.      Fungsi Layanan                  : Pencegahan dan Pemahaman
4.      Sasaran Layanan                 : Kelas X
C.       Pelaksanaan layanan                : Agustiansyah
1.    Waktu                                 : Tgl 12  Juni 2012
  Pukul 08.59
2.    Tempat                                : Ruang Kelas X dan sekolah yang akan di kunjungi
3.      Deskripsi dan komentar
tentang pelaksanaan
layanan/pendukung           :
                                          Dalam proses pelaksanaan di dalam kelas siswa sangat hantusias yang di lihat dari semangatnya siswa ketika ingin secara langsung melihat beberapa perguruan tinggi yang akan di kunjungi dan pada pelaksanaan layanan dengan langsung menuju sekolah yang telah di rencanakan sesuai dengan observasi yang di lihat di lapangan siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang cukup besar dengan aktif bertanya kepada petugas yang membimbing dari perguruan tinggi yang di kunjugi.
D.    Evaluasi (penilain): 
1.    Cara-cara penilain:
Cara penilaian yakni dengan observasi di lapangan, wawancara, serta Tanya jawab di dalam kelas dengan memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa yang di laksanakan seminggu setelah kunjungan kesekola-sekolah sesuai dengan materi yang telah di sampaikan dan ilmu yang di dapat ketika melihat langsung ke beberapa perguruan tinggi.

·      Pengetahuan apa yang kamu dapatkan ketika pergi ssmelihat secara langsung sekolah-sekolah yang bisa kamu masuki setelah tamat SLTA ?
·      Setelah mengetahui sekolah yang bisa kamu masuki, apa rencana kedepan yang akan kamu lakukan?
·      Bagaimanakah cara kamu untuk bisa memasuki perguruan tinggi yang kamu inginkan?
2.    Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian:
Dari pertanyaan yang diberikan siswa dan hasil observasi serta Tanya jawab di dalam kelas, siswa menunjukkan kepuasannya ketika ditanyakan kembali apa yang mereka rasakan dan pengetahuan apa yang mereka dapatkan setelah melihat langsung kesekolah, serta ada ungkapan usaha yang akan di lakukan siswa ketika ia ingin memasuki perguruan tinggi tersebut.
E.     Analisis hasil penilain
1.    Cara-cara analisis           :

2.    Deskripsi dan komentar tentang hasil analisis:
F.      Tindak Lanjut
1.    Cara- cara tindak lanjut: Pemberian penguatan
2.    Deskripsi dan komentar
 tentang hasil tindak lanjut:
     Meninjak lanjuti dari kegiatan tersebut dengan menanyakan kepada siswa setelah mereka tamat dari sekolah mereka kan menyambung kemana, dan menanyakan alas an mereka memilih sekolah tersebut atau jurusan yang akan mereka pilih serta memberikan penguatan apa yang mereka pilih.bagi siswa yang tidak hadir diberikan layanan bimbingan teman sebaya sehingga mereka bisa mengetahui ilmu yang tidak di dapatkan sebelumnya.

G.    Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung lain:
H.    Catatan Khusus                  :
Ada siswa yang demam ketika pelaksanaan layanan dengan langsung melihat perguruan. Yakni ketika berada di Sekolah Menengah Kejuruan







       Mengetahui                                                                    Pekanbaru, 12 Juni 2012
    Guru Pembimbing                                                             Calon Guru pembimbing

 Amirah Diniaty, M.Pd. Kons                                      Agustiansyah  
                                                                          NIM. 10913005009         


* Di sesusikan dengan kondisi dan perguruan tinggi yang ada