Buku Prosiding Seminar BK UIN Suska Riau

Monday 21 May 2012

BUKU PROSIDING 
SEMINAR BIMBINGAN DAN KONSELING
UIN SUSKA RIAU


Pendekatan High Tech dan High Touch dalam Layanan Konseling Menjawab Tantangan Global

NB : Untuk Pemesanan akan segera dilampirkan Contact Person.


PENGANTAR

 Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas BK dan kepercayaan publik pada organisasi Bimbingan dan Konseling khususnya prodi BK UIN Suska Riau, maka diselenggarakan kegiatan Pekan Ilmiah Bimbingan Konseling. Kegiatan yang diselenggarakan mulai dari tanggal 28 April 2012 yaitu lomba bimbingan kelompok tingkat SLTP dan SLTA se Propinsi Riau, Lomba Karya tulis ilmiah bagi Guru Pembimbing tingkat SLTP/SLTA se Propinsi Riau, Lomba Kreasi Siswa berupa karikatur/poster tentang BK dan Seminar Nasional BK. Keempat kegiatan itu dalam tema utama yaitu  Pendekatan High Tech dan High Touch dalam Layanan Konseling Menjawab Tantangan Global.
Semua Karya Tulis ilmiah dari Guru Pembimbing yang ikut dalam perlombaan merupakan hasil karya ilmiah yang patut untuk dihargai. Selain itu hasil dari seminar nasional yang diselenggarakan berupa makalah-makalah ilmiah dapat dibuat menjadi prosiding ini dengan tema: Pendekatan High Tech dan High Touch dalam Layanan Konseling Menjawab Tantangan Global. Oleh sebab itu buku prosiding ini merangkum semua tulisan baik yang sempat disajikan secara lisan dihadapan seluruh peserta seminar maupun karya tulis ilmiah guru pembimbing yang hanya sempat dipublikasikan lewat buku prosiding ini. Materi seluruh tulisan mengacu kepada tema tersebut, baik dalam pembahasan yang lebih luas ataupun yang lebih khusus. Pendekatan high tech berupa penggunaan teknologi tingkat tinggi dalam layanan konseling dan peningkatan sentuhan tingkat tinggi/kreatifitas guru pembimbing/guru BK/konselor sekolah dalam melaksanakan layanan konseling, merupakan isu yang diangkat dalam tulisan-tulisan tersebut.
Seminar yang dilaksanakan tanggal 1 Mei 2012 ini diselenggarakan oleh Prodi BK Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau khususnya sebagai panitia adalah mahasiswa semester VI BK yang sedang mengikuti mata kuliah Seminar BK. Artikel dan pembahasannya dalam buku prosiding ini menyangkut kinerja Guru Pembimbing dan konselor pada satuan pendidikan.
Seminar ini dalam lingkup nasional karena tokoh-tokoh yang didatangkan dari beberapa universitas di Indonesia seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yaitu Bapak Ali Rahadian, M.Pd,  dari Universitas Negeri Padang (UNP) yaitu Bapak Ifdil, S.HI., S.Pd.,M.Pd.,Kons dan Eko Susanto, M,Pd.Kons (Lampung).
Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan kepada pembicara, hadirin peserta seminar dan seluruh panitia. Terimakasih juga kepada Suska Press selaku Penerbit yang memfasilitasi diterbitkannya buku prosiding ini. Semoga materi dalam buku prosiding ini berguna bagi pengembangan keilmuan, teknologi dan pelayanan konseling terutama dalam satuan pendidikan.

Editor