Pekan Ilmiah Bimbingan dan Konseling UIN Suska Riau 2012

Thursday 24 May 2012
Rektor, Dekan FTK & Psikologi, Ketua/Sekretaris Jurusan, Narasumber,
Dosen Pembimbing pada acara Pekan Ilmiah Bimbingan dan Konseling UIN Suska Riau 2012


A.      Nama Kegiatan :
Pekan Ilmiah Bimbingan dan Konseling

B.      Tema :
Pendekatan High Tech dan High Touch dalam Konseling Menjawab Tantangan Global”.

C.      Latar Belakang
Teknologi dan kreatifitas/sentuhan tingkat tinggi yang sering dikenal dengan istilah high touch diperlukan oleh praktisi pendidikan, agar kegiatan berjalan efektif dan efisien. Guru Pembimbing/Konselor  adalah pendidik, dan telah diakui secara eksplisit dalam UU Sisdiknas Tahun 2003.
Teknologi dan kreatifitas yang digunakan oleh Guru Pembimbing dalam menunjang pelaksanaan layanan BK seperti komputer, internet, soft ware, serta perangkat audiovisual (VCD, TV, dsb). Sudah banyak produk HT yang diciptakan dan dimanfaatkan dalam pelaksanaan layanan BK, seperti; , program komputer pengolahan data siswa, program komputer Alat Ungkap Masalah (AUM), Identifikasi Kebutuhan Masalah Siswa (IKMS), program komputer sosiometri, dan pemanfaatan komputer/internet untuk konseling (konseling dunia maya) dan pemilihan karir dengan program komputer. Oleh sebab itu perlu kiranya ada sosialisasi kegiatan ilmiah yang menyangkut persoalan tentang pendekatan high tech dan high touch dalam mewujudkan pelayanan BK yang efektif dan efisien.
Hal inilah yang melatarbelakangi PRODI BK FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan ilmiah yaitu; seminar Nasional serta serangkaian lomba karya tulis ilmiah, lomba bimbingan kelompok tingkat Guru Pembimbing SMP/SMA se kota Pekanbaru dan Lomba kreasi bimbingan dan konseling Siswa SMP/SMA se Kota Pekanbaru yang bertemakan: ”Pendekatan High Teach dan High Touch dalam Konseling Menjawab Tantangan Global”.


B. Tujuan
      Tujuan kegiatan ini adalah :
1.      Mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman konselor sekolah tentang pendekatan High Tecnology dan High Touch dalam konseling guna menjawab tantangan zaman.
2.      Memberikan penyegaran kepada tenaga bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik, sehingga high technology dan high touch dapat menunjang pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling secara efisien dan efektif.
3.      Menfasilitasi peningkatan kemampuan guru pembimbing melalui perlombaan bimbingan kelompok, kreatifitas siswa.

Kegiatan ini ditaja oleh mahasiswa semester VI angkatan 2009  Kependidikan Islam Konsentrasi BK (bimbingan konseling) pada tanggal 1 mei 2012 di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau. Sebelumnya pada tanggal 28 April 2012 telah diadakan kegiatan perlombaan bimbingan kelompok, karya tulis ilmiah yang bertempat di gedung fakultas tarbiyah dan keguruan dan lomba kreasi siswa se Riau yang difinalkan pada hari Selasa yakni pada tanggal 01 Mei 2012.

Seminar Nasional tersebut di hadiri oleh:
1.      Prof. Dr. H. M. Nazir sebagai rektor UIN Suska Riau sebagai pembukaSeminar Nasional secara resmi.
2.      Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Hj. Helmiati M.Ag
3.      Dekan Fakultas Psikologi Dr. Tohirin M.Pd
4.      Ketua ABKIN Prov Riau Prof. Dr. Zulfan saam MS
5.      Dosen dan guru-guru Bimbingan dan Konseling yang ada di Provinsi Riau antusiasme para Mahasiswa BK Se-Riau.

Adapun pemateri yg mengisi Seminar Nasional tersebut adalah:
1.      ALI RAHMAN, M.Pd – Pakar Impact Counseling, UPI Bandung
2.      EKO SUSANTO, M.Pd, Kons – E_Sosiometri, UNESA Lampung
3.      IFDIL, M.Pd, Kons – Konseling Dunia Maya, UNP Padang
4.      Mhd. Yazid S.Pd.I (Pekanbaru)
5.      Serta penampilan makalah dari Dosen dan Ketua Umum ABKIN Prov. Riau